Free Lines Arrow

Selasa, 06 Desember 2011

Edisi 5 Kompetisiblog Ini Kampus Ku, Mana Kampus Mu?

halooooo..
perkenalkan nama saya veby melisa mahasiswa Sekolah Tinggi Pariwisata Bandung. kali ini saya mau bercerita dan berbagi sedikit informasi tentang kampus saya tercinta ini. kenapa saya mengulas akan topik ini? soalnya saya mau memberitahu kepada khlayak ramai akan keberadaan institusi ini padahal mah tuntutan topik kompetisiblog soalnya saya sedih deh masa kalo ditanya kuliah dimana pas dikasih tau kuliah di STPB ga ada yang tau, jawaban alternatif lain seperti Enhaii respon nya ada yang tiba-tiba tau dan ada juga yang masih ga tau –,- *sedih*

ya jadi sejenis konfrensi pers dari pertanyaan-pertanyaan kalian-yang-menyayat-hati deh isi postingan kali ini, tidak karena faktor itu juga sih saya juga mau memberikan informasi tentang kampus ini abis dulu kendala saya pas mau masuk kampus ini informasi nya kurang banget. cari di google isi nya masih dikit banget dan simpang siur bahkan saya musti cari informasi ini ke forum-forum seperti kas*kus, multyp*ly dll. jadi kalo ada yang mau masuk kampus ini bisa dapet sedikit pencerahan lah setelah baca blog saya ini hehe amin semoga membantu ya!

Sekolah Tinggi Pariwisata Bandung ini merupakan sebuah akademisi yang dimana mahasiswa/I nya dipersiapkan untuk menjadi insan pariwisata yang berkompeten, professional dan go international. dan diharapkan outputnya nanti dapat berkecimpung di industri-industri pariwisata khususnya pariwisata Indonesia. untuk penjelasan secara general mungkin kalian bisa browsing di website official STPB.
nah untuk hal-hal khususnya saya akan coba ceritakan disini | dimana? | ya disini di blog Sign-In (promosi dikit)

- For the test -

banyak banget yang nanya tentang test masuk STPB dan dominan mental nya ciut setelah mengetahui kalo STPB over all test nya in English. don’t worry guys.. test yang diberikan cuma writing dan interview aja ko. bukan nya sombong tapi saya aja yang TOEFL nya ga nyampe 440 bisa melewatinya, asal percaya diri akan kemampuan serta berdoa, trust me, you can passed the test :)
dan biasanya test berlangsung selama 4 – 5 hari, jadi informasi ini penting banget bagi kalian yang berada di luar kota, supaya lebih well prepare. oh iya jangan lupa untuk membawa pakaian standard grooming for interview biar lebih kece! haha ga deng but at least your performance pasti termasuk kedalam penilaian loh.

- Congratulation! You Passed The Test -

You’re the best of the best, congratulation! setelah keterima, kalian diminta untuk registrasi, mengurus biaya administrasi dan lain-lain. untuk prosedurnya sudah cukup jelas diberitahukan oleh panitianya. oh iya STPB ada asrama putri nya loh. sekamar nya itu ber-3 dan harganya pun sangat terjangkau dibandingkan dengan kalian kalo ngekos di daerah setiabudi, itu mahal bangeeeeeeeeet *curhat*

- You’re a member of STPB-ers -

PDSP! itu sejenis kaya OSPEK dan kalian harus coba sensasi nya. really unwritten banget buat dideskripsiin. oh iya jangan dianggap remeh guys, PDSP ini hukumnya wajib. kalian harus mengikutinya. dan ada penilaian lulus atau tidak lulus nya loh. so, do it seriously if you don’t want to repeat it next year.

Salah satu kegiatan yang dilakukan pada saat PDSP


- Perkuliahan di Mulai -


Yap! STPB memang menggunakan seragam. untuk awal-awal kalian diwajibkan menggunakan baju hitam putih dulu soalnya seragam nya masih dalam proses penjahitan (asa rancu) –,- lengkap dengan dasi hitam panjang, sepatu pantofel berlaku untuk mahasiswa dan mahasiswi.
oh iya STPB punya standar grooming buat mahasiswa nya loh, (banyak yang ga percaya nih sob kalo ternyata di Indonesia ada kampus yang mahasiswa nya diwajibkan seperti ini *lebay*):

1. untuk seragam udah saya jelasin tadi diatas

2. menggunakan name tag di sisi dada kanan

3. untuk pria, potongan rambut gaboleh seenak jidat bisa gimbal, kribo dan gondrong selantai. eh boleh deh gondrong tapi diatas kuping #loh? dan harus klimis. dan pake gel buat rambut nya yang susah diatur. ga boleh kumisan dan jambangan juga

4. kuku ga boleh panjang. dan ini rutin di cek saat kita mau UTS dan UAS.

5. kalo buat cewenya harus pake make-up. harus dandan girls. ini kampus apa MD Entertainment? eh jangan salah. kita ini sekolah pelayanan yang dimana kita selalu berhadapan dengan costumer jadi ya harus menarik dong. seenggaknya rapih dan enak dilihat.

gimana? seru kan? bagi kalian yang keberatan jangan ciuuut. dengan berjalannya waktu kalian pasti bakal terbiasa ko.

oh iya setelah seragam nya jadi kalian akan dapet seragam teori dan seragam praktek. untuk seragam praktek tentu berbeda-beda setiap prodi.

contoh baju teori yang diperagakan oleh model SIP 2009

dan seragam diatas dipake selama semester 1 – 4.

setelah semester 5 seragamnya ditambah dengan menggunakan jas coklat, kita menyebutnya dengan Brown J (Brown Jacket).




dan terakhir saat kalian sudah melakukan job trainning kalian diperbolehkan untuk menggunakan dasi bebas. mau warna-warni, spongebob, mariobros, bunga-bunga juga diperbolehkan. seru bangeeet kaaaaaaaaaaaaaan?! hihi

ya seperti itulah gambaran kecil mengenai mahasiswa STPB selama masa perkuliahan.

lalu bagaimana dengan kampus nya itu sendiri?

tentu setiap akademisi/institusi dan lainnya memiliki peraturan-peraturan yang telah ditetapkan dan tentu dijalankan serta memiliki sanksi jika kita melanggarnya. garis besarnya peraturan STPB itu menurut saya pribadi cukup ketat, tetapi tegas dan beralasan. semua tertulis secara jelas didalam PDTTM. contohnya, absensi itu krusial banget di kampus ini. mana ada yang namanya TA (Titip Absen) kaya dikampus-kampus lain. kalo masuk ya dicontreng kalo ga masuk ya dicross. ksian deh lu yg niat mabal

buat kondisi bangunan, STPB sedang melakukan renovasi besar-besaran. dan masih berjalan hingga saat ini, semoga bisa cepat selesai, amin.


hasil foto menggunakan i-mac :p
kalo fasilitas kampus menurut saya STPB sudah melakukan perubahan besar dalam hal ini. pas saya masuk ke semester 4 seluruh ruang kelas disulap dengan sangat nyaman. tau Apple? / tau. temen nya jeruk kan? / *nelen ludah*. siapa sih yang ga tau Apple hasil buah karyanya Steve Job?! nah diseluruh ruang kelas dilengkapi dengan i-mac loh. lengkap dengan proyektor, layar putih nya (ga tau namanya haha) dan sebagian dilengkapi dengan AC juga. KEREN YAAA?!

- After Graduate -

ini masa yang dinanti-nanti! LULUS! jangan pusing ya nanti nya kalo bakalan banyak banget company-company yang bakal ngejar-ngejar buat merekrut kalian. disini kalian ga akan pusing, frustasi, bahkan sampai iris-iris lengan #eh buat mencari pekerjaan. tidak ada mahasiswa STPB yang menganggur! kalian sudah tergaransi untuk mendapatkan pekerjaan. zero employment, sob!

ya begitulah sedikit dari seberlimpahnya cerita mengenai kampus saya tercinta ini. ga akan ada habisnya kalo dituangkan semuanya didalam postingan saya ini, ini aja udah panjang banget -_-

semoga cerita saya ini bersifat informatif ya untuk kalian para calon mahasiswa/I STPB :)


HARAPAN SAYA AKAN SEKOLAH TINGGI PARIWISATA BANDUNG

Dan saya sebagai mahasiswi STPB Jurusan Perjalanan tepatnya prodi Studi Industri Perjalanan (SIP) mempunyai secerik harapan untuk kampus ku tercinta ini yang semoga harapan ini nantinya dapat terwujud, amin.

harapan saya untuk STPB kedepannya tidak terlalu menuntut akan hal ini-itu. saya sudah merasa bangga dan berbesar hati dapat menjadi bagain dari Institusi Pendidikan ini yang notaben nya sudah bertaraf dunia dibidang Pariwisata.

saya hanya mengharapkan STPB dapat mempertahankan TEDQUAL yang telah kita dapatkan dan dapat memperoleh pengakuan-pengakuan lain yang menyatakan bahwa kampus STPB ini telah berkualitas Internasional tidak hanya se-Asean saja, tapi se-Asia bahkan Dunia. AMIN.

dan semoga STPB dapat mewujudkan untuk menciptakan insan pariwisata yang berkualitas dan berkompeten sehingga kami dapat lebih matang mempersiapkan diri dijaman globalisasi mendatang dan dapat bersaing dengan SDM luar negeri.

DIMANA ADA HARAPAN DISITU ADA DOA

**mengheningkan cipta, mulai**

saya ingin bergelut dibidang pariwisata, saya yakin dapat mewujudkan cita-cita saya, saya yakin jalan ku ada disini, maka dari itu saya percaya Sekolah Tinggi Pariwisata Bandung dapat mewujudkan mimpi Indah yang telah saya persiapkan.

Maju Terus Sekolah Tinggi Pariwisata Bandung!


powered by:




5 komentar:

  1. Thanks infonya, kak. bermanfaat banget :D
    aku tahun ini mau kuliah di STPB. aduuh, doain ya biar dapet :D :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. thanks bgt kak, makin termotivasi buat masuk STPB ..whoaaaaa pgn cpt" diterima, jd mahasisiwi, lulus, sukses(•̀_•́)ง amin O:)

      Hapus
  2. thanks bgt kak, makin termotivasi buat masuk STPB ..whoaaaaa pgn cpt" diterima, jd mahasisiwi, lulus, sukses(•̀_•́)ง amin O:)

    BalasHapus
  3. ka. jurusan di stpb yang bagus apa sih? aku mau yg prospek kerjanya ke luar negri

    BalasHapus
  4. Woahh semkain termotivasi untuk masuk STPB :') . Kak mau nanya.STPB itu ikatan dinas ya kak?

    BalasHapus