Free Lines Arrow

Rabu, 30 November 2011

Edisi 4 Kompetisiblog Tambuah Cie' Da !

Masakan Padang

pasti kalian udah ga asing lagi dengan kalimat diatas. Yap! bener banget! kalimat itu sering banget kita dengar kalo kita sedang berada di Rumah Makan Padang yang menyajikan makanan bercita rasa pedas dan identik dengan cabai, santan dan rempah-rempah yang kuat.


Rumah Makan Padang
keberadaan rumah makan Padang pun tidak sulit untuk kita jumpai, bertebaran dimana-mana dan cukup mewarnai disetiap sudut kota, provinsi bahkan luar negeri sehingga membuat kita mudah untuk menikmati masakan lezat ini.

Bagi kalian pecinta makanan Minang pastilah tidak asing lagi dengan nasi kapau.

menurut situs www.cimbuak.net, nasi Kapau diadopsi dari nama sebuah kenagarian, di kecamatan Tilatang Kamang di Kabupaten Agam Sumatera Barat.


Gulai Kapau


Gulai Kapau sangat khas dengan warna kunyitnya yang sangat dominan, dengan rasa gurih dan pedas. Sayur gulai Kapau terdiri dari potongan nangka muda, rebung, kol, pakis, kacang panjang, jengkol dalam kuah yang tidak terlalu kental (tidak terlalu banyak santan) berwarna kuning (kunyit) kemerahan (cabe merah).

Tidak hanya gulai kapau saja yang disajikan, ada juga makanan yang sangat khas yautu gulai tunjang, atau kikil.
Gulai Tunjang



Pangek ikan paweh batalua (gulai ikan tawes bertelur yang dimasak sampai kering),







gulai tambusu (usus sapi) berisi campuran telor dan tahu yang dilumatkan,






dendeng balado,





Setelah itu tentu saja ada ayam goreng,
goreng belut.






gulai ayam



           
rendang ayam
          










rendang daging

dan yang terakhir pasti ada makanan andalan orang Minang, apakah itu? Ya, Rendang! dan kita harus berbangga hati nih. beberapa waktu lalu tepatnya tanggal 21 Juli 2011 masakan tradisional khas Minangkabau, Indonesia ini masuk kedalam salah satu masakan terlezat didunia versi CNN. menduduki peringkat ke 11 dari 50 jenis makanan guys! wuiihhhh bisa kebayangkan nikmatnya rendang seperti apa *yummie*

itulah sedikit dari banyaknya jenis masakan yang ada pada masakan nasi kapau. kalo saya sebutin semuanya waaah bisa-bisa perut kalian kruyu-kruyuk nih :p

oh iya, yang membuat nasi kapau berbeda dengan warung nasi padang lainnya itu dari tata cara penyajian makanannya.


nasi kapau disajikan bertumpuk dengan menu yang sangat banyak sehingga benar-benar membuat selera nafsu makan kita bertambah dan cukup membuat kesulitan bagi kita untuk memilihnya. semuanya terlihat enak!
Nasi Kapau Sabana Bana


bagaimana? penasarankan dengan rasanya?

tidak perlu khawatir untuk mendapatkan nasi kapau ini, kalian tidak harus jauh-jauh datang ke Padang kok. saya biasa menikmati nasi kapau ini di tempat langganan saya didaerah Pasar Senen, Jakarta Pusat. di sepanjang jalan Pasar Senen banyak sekali terdapat penjual nasi kapau. letaknya yang strategis membuat nasi kapau ini selalu ramai dikunjungi oleh para pecinta makanan dari semua kalangan.

so, tunggu apa lagi?! ayo segera rencanakan libur akhir pekan kalian untuk berwisata kuliner dan menjajal masakan tradisional khas Minangkabau, Sumatera Barat ini. tidak akan rugi deh!

dan dengan kalian menyukai masakan khas Indonesia, itu tandanya kalian telah berpartisipasi untuk melestarikan masakan Indonesia. jangan sampai hilang begitu saja apalagi sampai di klaim dengan negara lain.

Hey Remaja Indonesia! Kenali Negeri Mu, Cintai Negeri Mu!

disponsori oleh:

blogdetik

blog vaganza

maicih







Tidak ada komentar:

Posting Komentar