Free Lines Arrow

Jumat, 18 November 2011

Edisi 2 Kompetisiblog Sudah Dapat Emas, Dapat Uang Pula !


Burung Garuda: Logo of SEA Games XXVI
lihat! garuda itu sudah terjaga! dia sudah mulai bangkit! lihat! cepat lihat! dia mulai mengebaskan sayap indahnya dan terbang mengelilingi dunia!

sadarkah kalian jika burung garuda yang merupakan simbol negara Indonesia kita tercinta ini mulai mengebaskan sayapnya ke seluruh penjuru dunia? hal ini dapat kita saksikan dari usaha indonesia dalam mempromosikan dirinya ke khalayak ramai yang patut diancungi jempol dari kedua event besar belakangan ini. 2 event besar itu adalah the new 7 wonders serta sea games yang ke 26.

3 tahun indonesia bekerja keras dalam mempromosikan pulau komodo dengan harapan agar menjadi the new 7 wonders. dan kemudian pada hari jumat tanggal 11-11-2011 lalu, usaha itu membuahkan hasil. Indonesia terpilih sebagai salah satu dari 7 keajaiban baru dunia!

Modo & Modi, Mascot SEA Games XXVI
hari itu tentu belum selesai bagi rakyat indonesia dalam mencatat sejarah negaranya, pada hari yang bersamaan pula Indonesia mengadakan opening ceremony SEA Games ke 26 di Palembang, Sumatera Selatan. dimana indonesia terpilih sebagai tuan rumah SEA Games yang keempat kalinya setelah sebelumnya menjadi tuan rumah pada 1979, 1987, dan 1997. begitu menakjubkan acara pembukaan SEA Games tersebut. Sungguh! 11-11-11 merupakan tanggal yang membawa berkah untuk Indonesia.

Bak ketiban durian runtuh! sebagai tuan rumah, Parwisata dan Ekonomi Kreatif pun merasakan dampak yang begitu positif dalam penyelenggaraan event ini.

bagaimana tidak?

dengan ribuan atlet beserta officialnya datang ke Indonesia untuk melaksanakan perhelatan pesta olahraga terbesar se-Asia Tenggara ini. Belum lagi para pendukung/supporter dari masing-masing negara. tentu hal ini merupakan salah satu cara yang sangat efektif untuk sektor Pariwisata dan Ekonomi Kreatif dalam mendatangkan wisatawan ke Indonesia. Kita tentu tahu, industri pariwisata termasuk kedalam salah satu sektor yang dapat mendongkrak perekonomian nasional dengan jumlah yang sangat besar. bagi kaum awam mungkin dibenak mereka saat wisatawan datang ke negaranya keuntungan yang didapat ialah berupa devisa saja. memang, hal itu memang benar tetapi jika kita melihat dari kacamata pariwisata tentu jawaban berupa "devisa" tidaklah cukup mewakili.

Mari kita coba analisis terpilihnya Indonesia menjadi tuan rumah terhadap pariwisata berdasarkan sistem pariwisata nasional:

  1. saat wisman datang ke indonesia hal pertama yang kita dapat yaitu berupa devisa. dan devisa pun digunakan untuk pembangunan nasional yang hasilnya dapat kita rasakan berupa infrastruktur serta fasilitas-fasilitas negara.
  2. wisman datang ke indonesia pasti menggunakan alat transportasi berupa pesawat terbang. dalam hal ini maskapai penerbangan sangat merasakan manfaatnya. tidak hanya itu, travel agent pun sebagai sarana penyedia jasa penjualan tiket pun dapat menikmati manfaatnya.
  3. Setibanya wisman dibandara tentu wisman membutuhkan moda transportasi untuk mencapai kota palembang. alat transportasi seperti taxi dan bus merupakan pilihan yang tepat untuk mentransfer wisman dari satu tempat ketempat lain.
  4. tentu wisman membutuhkan akomodasi seperti hotel dan restaurant untuk memenuhi kebutuhan pokoknya selama berada di kota Palembang dan Jakarta. tentu jasa industri dan industri pendukung hotel ini mendapatkan profit yang besar dari kedatangan wisatawan. begitu pula dengan restauran yang dapat mensupply kebutuhan wisatawan. mungkin tidak terfikirkan oleh kita bahan baku yang digunakan restaurant dalam membuat suatu masakan pun berasal dari hasil pertanian, peternakan dan perikanan. secara tidak langsung ketiga sektor ini dapat merasakan manfaatnya.
  5. setelah menghadiri event olahraga ini tidak menutup kemungkinan wisman berkeinginan untuk berwisata ke tempat-tempat ODTW (objek dan daya tarik wisata) disekitar pelaksanaan Sea Games ini atau juga tempat hiburan seperti cafe, karouke, club/pub dalam memenuhi kebutuhan leisure wisatawan.
  6. para penjual souvenir yang berasal dari local community (warga setempat)/daerah lain berlomba-lomba menjual hasil kreasi mereka untuk para wisatawan.
  7. dibutuhkan nya jumlah tenaga kerja yang cukup banyak untuk mensukseskan acara ini

begitu banyak bukan pelaku kepariwisataan yang dapat memanfaatkan event ini?! itulah makna euforia Indonesia sebagai tuan rumah Sea Games ke 26 terhadap kepariwisataan nasional menurut saya. dan saya percaya pasti masih banyak sektor lain yang dapat merasakan manfaat yang timbul selain dari ketujuh analisis saya tadi.

dan tentu saya berharap besar pada event Sea Games ini, agar Indonesia dapat lebih tersohor dimata dunia sehingga dapat memberikan hasrat kepada wisatawan asing untuk dapat mengunjungi Negara Kepulauan terbesar di Dunia ini :)
tidak hanya memanfaatkan profitabilitas semata, dengan begitu kita sebagai rakyat indonesia harus berkerja keras untuk mensukseskannya, dan tentu ini menjadi PR besar yang harus dikerjakan secara serius dan berkelanjutan demi membuahkan hasil yang sesuai dengan apa yang kita harapkan.

intinya siapkah kita untuk melakukan ini semua?

let's change our mindset and start to one step ahead for Indonesia!

spread your wings, Garuda!

from Indonesia embracing the world :D



di sponsori oleh:

blog detik

blog vaganza

Maicih

 

9 komentar:

  1. PERTAAMAAAAAAX ABIZZ GANNN. hahaha :ngakak

    BalasHapus
  2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  3. haha selamat bara, btw salah lapak lo ini bukan kaskus -__-"

    BalasHapus
  4. Yeaaaah Indonesia, gue setuju dengan beberapa sektor yang akan mendapatkan keuntungan baik langsung maupun tidak langsung dalam hal ekonomi, tapi mari kita ubah lagi "target" dari penyelenggaraan 2 event terbesar itu bukan hanya untuk jangka pendek saja.

    Karena gue bukan anak pariwisata dan gak kuliah (curhat) yang gue mau tanya adalah, apakah ketika kita merasakan 2 event terbesar yang kita selenggarakan, apakah itu akan hanya menjadi euforia sesaat saja?

    Apa yang bakal lo lakuin (sebagai anak pariwisata)untuk menjadikan 2 event ini sebagai awal dari usaha jangka panjang untuk mengenalkan Indonesia kepada dunia?

    Salam, Wong Palembang.

    BalasHapus
  5. bwah ane tau tuh jwbannya gan, hahaha :ngakak

    BalasHapus
  6. pertanyaan bagus :) jadi bar gue memaknai euforia disini dilihat dari sektor-sektor yang secara tidak langsung mencicipi manfaatnya. dan hal ini udah gue jelasin di analisis sistem pariwisata nasional diatas :)
    thanks anywaaaay ;)

    BalasHapus
  7. duuuh nenk pikiran gw ga nyampe kesooonooooo
    hahaha :ngakak

    BalasHapus
  8. whatever i'm backpacker:
    thanks for the question min :D and let me to answer it :)

    ya kebahagiaan ini memang dapat dikatakan sebagai euforia yang sesaat. tetapi itu bisa berubah JIKA kita terus mengembangkan kesempatan ini untuk sekarang dan kedepannya. maka dari itu penulis mengajak seluruh rakyat Indonesia terutama yang udah membaca postingan penulis ini untuk bersiap-siap menghadapi perubahan yang lebih baik :D

    Nahhhh ini nih yang jadi dilema (paradox) dalam pengembangan industri pariwisata di indonesia min. "High investment, Not Quick Yield" artinya investasi di bidang pariwisata membutuhkan investasi yang besar dengan tingkat pengembalian yang lama (jangka panjang). instant and shortcut are not the answer.

    so, banyak buangeeet yang musti kita benahi untuk menjadikan pariwisata Indonesia ke arah yang lebih baik lagi dengan tujuan untuk mengenalkan Indonesia ke seluruh Dunia..

    menurut penulis itu..
    1. mentaaal!
    2. kesiapan masyarakat indonesia itu sendiri udah ready atau belum dengan adanya perubahan pada sistem/peraturan dan kebudayaan yang beraneka ragam yang bakalan masuk ke Indonesia
    (agak sulit sih emang kalo untuk bangsa yang primitif tp cincai lah kalo kita memberikan penyuluhan nya dengan cara yang tepat)
    3. para pelaku stakeholders. dimana mereka merupakan sinergi pelaku kepariwisataan secara horizontal maupun vertikal yang dapat memberikan keuntungan/manfaat bagi masing-masing pihak
    4. PROMOSI yang tepaaaaat! ya saya tau biaya promosi itu tidaklah sedikit. untuk masang iklan di BBC aja butuh dana yang sangat besaaaar. tapi bisalah kita alokasiin dana ini dari ganti rugi koruptor yang bejubel di Indonesia hehe

    last but not least, niat usaha dan tawakal itu bahan bakar kita menghadapi ini semua
    intinya PD dan OPTIMIS kalo Indonesia bisa!!

    ayo ayo ayo Indonesia BISA!! :D

    BalasHapus
  9. OK, kita tau di negara kita ini mengandalkan pemerintah adalah sesuatu yang sulit. Dan untuk memajukan pariwisata yang memang membutuhkan dana yang besar, apakah kita bisa menanggulanginya secara sendiri (mandiri)?

    BalasHapus